fbpx
Jakarta Dance Extravaganza 2020

Jakarta Dance Extravaganza 2020

Pagelaran Pertunjukan Tari Multidimensi

Jakarta Dance Extravaganza 2020 (JDE 2020), sebuah pagelaran pertunjukan tari multidimensi yang digarap dan ditampilkan layaknya sebuah film akan segera hadir.

Pagelaran yang merupakan kerjasama Komite Tari DKJ dengan Indonesia Kaya dan Boow Live ini menghadirkan kolaborasi antara para seniman tari dengan seniman-seniman dari ranah yang berbeda.

Duet Reda Gaudiamo dan Josh Marcy dalam Jakarta Dance Extra Vaganza 2020 (foto: Sukadi)

Menurut Ketua Komite Tari DKJ, Yola Yulfianti, JDE 2020 adalah bagian dari program tahunan Komite Tari DKJ, Jakarta Dance Meet Up. JDE 2020 menjadi istimewa karena merupakan kolaborasi lintas disiplin dan lintas generasi.

“Ada karya Rusdy Rukmarata sebagai sutradara panggung, lalu sebagai performer ada Josh Marcy sebagai perwakilan kami dari Komite Tari, lalu ada penampil istimewa, Reda Gaudiamo. Dan, ada sutradara panggung digital AJi Rahmansyah,” demikian dipaparkan Yola Yulfianti dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring 8 Desember 2020.

Koreografi karya Denny Howman dalam Jakarta Dance Extravaganza 2020 (foto: Sukadi)

Rusdy Rukmarata, kurator JDE 2020, menceritakan bahwa ide awal dari JDE 2020 ini telah ada sejak tahun lalu, untuk mengadakan sebuah pegelaran tari yang extravagant dengan mengundang koreografer-koreografer dan komunitas-komunitas yang sudah memiliki sejarah membuat pertunjukan yang spektakuler dari genre masing-masing.

“Hanya saja, saat ini karena dilaksanakan secara daring, tantangannya memang jadi lebih besar dibandingkan pertunjukan langsung. Karena durasi. Dalam pertunjukan daring kita tidak bisa terlalu lama, kalau pertunjukan kita bisa punya waktu sampai dua puluh menit untuk menampilkan pertunjukan yang memukau, dramatis, dan jadi memori. Nah, ini lima menit sampai enam menit, ini menjadi tantangan tersendiri,” terang Rusdy Rukmarata.

Selain menampilkan elemen-elemen dari berbagai genre tari, tambah Rusdy, JDE juga memasukkan elemen sastra dengan menghadirkan penampil istimewa yakni Reda Gaudiamo.

“Saat ini menurut saya untuk memasukkan elemen sastra tidak ada yang lebih baik dari Reda Gaudiamo. Sastrawan, penyanyi, dan ternyata saat ini dia juga menari. Maka, jadilah sebuah kolaborasi bersama Josh Marcy yang kita tahu adalah seorang koreografer handal yang kali ini juga akan bernyanyi. Jadi, memang akan menjadi pertunjukan extravaganza,” demikian disampaikan Rusdy.

Lebih lanjut, Rusdy Rukmarata yang juga bertindak sebagai konsultan pagelaran ini menyebutkan bahwa JDE 2020 menjadi bukti seni justru menemukan nyawa baru meskipun sedang berada di tengah pandemi.

“Berkat kegigihan seniman dan kemauan kerja sama dengan banyak pihak, asal kita terus mau berusaha, bekerja sama, kesulitan harusnya tidak menghentikan kita tetapi malah melahirkan kreasi baru yang adaptif,” kata Rusdy.

Dalam konferensi pers yang sama, Reda Gaudiamo sebagai penampil istimewa menyampaikan bahwa keikutsertaannya dalam JDE 2020 ini adalah sebuah tantangan yang sangat menyenangkan.

“Sangat istimewa karena sebelumnya saya tidak pernah sedikitpun membayangkan bahwa saya akan menari. Apalagi menari di dalam proyek Komite Tari DKJ, bersama koreografer Rusdy Rukmarata yang sangat saya kagumi sejak lama,” sambut Reda dengan antusias.

Dalam JDE 2020, Reda Gaudiamo berkolaborasi dengan Josh Marcy dan akan membawakan dua sajak karya Sapardi Djoko Damono, Di Restoran dan Seperti Kabut.

JDE 2020 menghadirkan karya baru dari 5 koreografer muda lintas genre, yakni Ara Ajisiwi (Broadway), Deny Howman (Ballroom Dance), Ufa Sofura (Lyrical Dance), Chikal Mutiara Diar Swargaloka (Tradisi), dan Michael Halim (Ballet). Koreografer-koreografer tersebut bekerjasama dengan seniman-seniman lintas disiplin seperti sutradara Aji Rahmansyah, Director of Photography (DOP) Bella Panggabean, serta  produser  Bayu Pontiagust.

Jakarta Dance Extravaganza 2020 dapat disaksikan di kanal Youtube Indonesia Kaya pada tanggal 11 hingga 13 Desember 2020 mulai pukul 15.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.